Recent Comments

Blogger templates

ekonomi Executive

ekonomi

kursor

KODE 1 KODE 2

Empty Widget

Pages

lagu

Diberdayakan oleh Blogger.

menu ekonomi

Pengikut

Popular Posts

RSS

iklan

Script Iklan anda

jalan-jalan

warunk materi ekonomi

kunci jawaban


KUNCI JAWABAN
SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
SMP/MTs KABUPATEN MALANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

A.  Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x)!


1.    Jawaban       : C
Pembahasan : menurut ilmu ekonomi, pasar lebih dihubungkan dengan kegiatan bukan tempat. Alasannya, tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli bisa dimana saja. Mereka bisa bertemu toko, di pinggir jalan, di dalam bus, maupun di warung makan.
2.    Jawaban       : D
Pembahasan : pasar ini berlangsung seminggu atau sepekan sekali sehingga ada yang menyebutnya pekan. Misalnya dibeberapa daerah pedesaan di Jawa masih terdapat pasar mingguan seperti pasar wage, pon dan legi.
3.    Jawaban       : A
Pembahasan : ciri pasar oligopoli adalah hanya terdapat beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga kegiatan dari penjual yang satu bisa mempengaruhi pemasaran barang penjual yang lainnya.
4.    Jawaban       : D
Pembahasan : instrumen pasar uang berupa surat-surat yang meliputi pinjaman sewaktu-waktu ( call money ), SBPU ( Surat Berharga Pasar Uang ), dan SBI ( Sertifikat Bank Indonesia ). Sedangkan valuta asing diperjualbelikan di bursa valuta asing.
5.    Jawaban        : A
Pembahasan : dalam pengertian ekonomi, pasar mempunyai 3 fungsi yaitu fungsi distribusi,  fungsi pembentukan harga dan fungsi promosi.
6.    Jawaban          : C
Pembahasan  : permintaan inelastis ( tidak elastis ), jika ed < 1. Artinya perubahan harga sedikit berpengaruh terhadap jumlah barang dan jasa yang diminta.
7.    Jawaban       : A
Pembahasan : harga telur naik dari harga Rp. 10.000,00 menjadi Rp. 12.000,00, maka jumlah telur yang diminta turun sedikit dari 100 kg menjadi 90 kg. Jadi besarnya elastisitas permintaannya sebesar (Rp. 10.000,00/ Rp. 2.000,00 X 10/100 = 0,5).
8.    Jawaban        : D
Pembahasan : perubahan harga tidak berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta. Misalnya Permintaan terhadap barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam dan sebagainya.
9.    Jawaban      : D
Pembahasan : kurva permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga
10.     Jawaban    : A
Pembahasan : harga buku naik dari Rp. 3.000,00 menjadi Rp. 3.300,00 (naik 10%), maka jumlah yang ditawarkan naik dari 1.000 unit menjadi 1.200 unit (naik 20%). Maka besarnya elastisitas penawaran sebesar (20% / 10%  = 2).
  
B.  Berilah tanda silang (X) untuk jawaban yang benar!
1.    Jawaban       : Salah
Pembahasan : pasar modal merupakan contoh dari pasar nasional.
2.    Jawaban       : Benar
Pembahasan  : pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli   barang atau jasa tertentu merupakan fungsi promosi dari pasar.
3.    Jawaban      : Salah
Pembahasan : terdapat banyak penjual macam barang tertentu merupakan ciri dari Pasar Persaingan Monopolistis.
4.    Jawaban       : Benar
Pembahsan   : produsen dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya merupakan Fungsi Keterkaitan Pasar dan Distribusi.
5.    Jawaban         : Benar
Pembahasan : Salah satu karakteristik laporan adalah laporan harus imajinatif.
6.    Jawaban       : Salah
Pembahasan   : Jika harga barang turun dari Rp. 4.000,00 menjadi Rp. 3.600,00 (turun 15%), sehingga jumlah barang yang diminta juga turun dari 100 unit menjadi 97 unit (turun 5%). Maka besarnya elastisitas penawarannya sebesar (3% / 15% =0,2)
7.    Jawaban         : Benar
Pembahasan   : Selisih jumlah antara yang ditawarkan dan barang yang diminta pada waktu harga berada di atas harga pasar disebut dengan shortage
8.    Jawaban         : Salah
Pembahasan   : penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang dan  jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.
9.    Jawaban         : Benar
Pembahasan   : Jika harga jeruk naik dari Rp. 4.000,00 menjadi Rp. 4.600,00 per kg (naik 15%), maka jumlah jeruk yang diminta turun drastis dari 1.000 kg menjadi 600 kg (turun 40%). Maka besarnya elastisitas permintaannya sebesar (40% / 15% = 2,67)
10.     Jawaban          : Salah
Pembahasan       : Garis yang menghubungkan titik-titik pertemuan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga disebut kurva keseimbangan.

C.  Jawablah soal-soal berikut ini!
1.      Pasar adalah tempat terjadinya proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan.
2.      Perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak.

Pasar Konkret
Pasar Abstrak
1. Penngertian Pasar
Lebih ditekankan pada pasar sebagai tempat.
Lebih ditekankan pada pasar sebagai kegiatan.
2. Hubungan transaksi
-     Berlangsung ditempat tertentu.
-     Penjual dan pembeli bertemu secara fisik.
-       Tidak tergantung tempat(bisa dimana saja).
-       Penjual dan pembeli tidak selalu bertemu secara fisik.
3. Tempat transaksi
Dilakukan ditempat tertentu (gedung ataupun tempat terbuka)
Tidak selalu dilakukan ditempat tertentu.
4. Alat transaksi
Komunikasi langsung (tatap muka)
Kkomunikasi tidak langsung via telepon, telegram, pialang dll.
5. Barang dan jasa yang diperjualbelikan.
Langsung tersedia ditempat transaksi.
Tidak langsung tersedia ditempat transaksi.


3.      Fungsi pasar :
a.       Fungsi distribusi àpasar berrperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
b.      Fungsi pembentukan harga à pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
c.       Fungsi promosi à pasar berperan memmbangkitkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa tertentu.
4.      Peranan Keterkaitan Pasar dan Distribusi.
a.       Mempermudah konsumen melakukan konsumsi à dengan adanya pasar dan distribusi, barang atau jasa yang dihasilkan dalam kegiatan produksi dapat dinikmati oleh konsumen.
b.      Memmbentuk terciptanya harga barang yang relatif stabil à dengan adanya pasar dan distribusi, barang-barang dapat disalurkan ke konsumen sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.
c.       Produsen dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya à bagi produsen, berlangsungnya kegiatan pasar dan distribusi yang sehat akan dapat mempertahankan penjualan hasil produksinya dengan stabil.
d.      Meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi perusahaan à bagi produsen, kegiatan pasar dan distribusi akan menaikkan tingkat penjualan hasil produksinya.
5.      Manfaat yang diperoleh dari observasi pasar bagi pihak terkait :
a.       Bahan penilaina bagi pemerintah, swasta dan pengelola pasar apakah pasar yang bersangkutan menguntungkan atau bahkan merugi.
b.      Bahan masukan bagi pengelola pasar untuk mengadakan perbaikan dan meningkatkan pelayanan baik untuk pembeli maupun untuk penjual.
c.       Bahan berguna bagi pihak produsen untuk semakin meningkatkan hasil produksinya.
d.      Bahan penilaian bagi pengelola pasar untuk memperluas area atau meningkatkan fasilitas pasar. Atau, bahkan memindahkan lokasi pasar ke tempat baru.
e.       Bahkan berguna bagi pemerintah dan produsen untuk menjaga kestabilan persediaan barang-barang.
6.      Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.
7.      Kurva permintaan bergerak miring dari kiri atas ke kanan bawah berarti terjadi kenaikan permintaan.
8.      Harga pasar dan harga keseimbangan terjadi apabila diantara pembeli dan penjual terjadi kesepakatan harga barang atau jasa yang akan diperjualbelikan.
9.      Apabila kurva penawaran bergeser kekanan, berarti terjadi kenaikan permintaan.
10.  Macam-macam pasar konkret :
a.       Berdasarkan manajemen pengelolaan
-       Pasar modern : pasar yang dibangun oleh pemerintah, swasta, atau koperasi, dikelola secara modern, mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja.
-       Pasar tradisional : pasar yang dibangun pemerintah, swasta, koperasi atau swadaya masyarakat.
b.      Berdasarkan ragam barang yang dijual :
-       Toko khusus : toko yang menjual hanya satu jenis barang.
-       Toko satu jalur : toko yang menjual hanya satu kelompok barang sejenis.
c.       Berdasarkan banyak sedikitnya barang yang dijual :
-       Toko serba ada : toko pengecer yang besar dan mempunyai banyak jenis produk.
-       Toko swadaya : toko skala kecil dan menjual berbagai macam barang yang dimiliki seorang individu sebagai pemimpinnya.
-  Pasar swalayan : pasar berukuran besar yang menjual bermacam-macam barang langsung kepada konsumen.
-  Hipermarket : supermarket yang berukuran lebih besar dan menjual lebih banyak ragam barang.
d. Berdasarkan manajemen pelayanan  :
-  Mall/supermall/plaza : tempat atau bangunan (toko) dalam skala besar yang dimiliki atau disewa untuk usaha perdagangan berbagai barang atau jasa.
-  Pertokoan : wilayah lingkungan pertokoan dimana terdapat bangunan toko-toko sepanjang tepi jalan.
-  Pasar swalayan : pasar berukuran besar yang menjual bermacam-macam barang langsung kepada konsumen.
e. Berdasarkan partai penjualannya :
-  Partai grosir : pasar tempat dilakukannya usaha perdagangan dalam partai besar.
-  Partai eceran : pasar tempat dilakukannya usaha perdagangan dalam partai kecil.

D.    Jodohkan pernyataan yang ada disebelah kiri dengan  pernyataan disebelah kanan dengan cara menulis huruf pilihan jawaban di depan pernyataan yang tepat!
1.      Jawaban                : f
Pembahasan          : Pasar yang memperjual belikan barang-barang konsumsi disebut Pasar barang konsumsi.
2.      Jawaban                : d
Pembahasan          : Pengertian pasar dalam percakapan sehari-hari merupakan pengertian pasar konkret.
3.      Jawaban                : e
Pembahasan          : Pasar Uang, Pasar Modal, dan Bursa Tenaga Kerja merupakan contoh dari pasar abstrak.
4.      Jawaban                : c
Pembahasan          : Pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya merupakan salah satu peranan pasar.
5.      Jawaban                : b
Pembahasan          : Semua faktor produksi bebas untuk bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain merupakan ciri dari pasar persaingan sempurna.
6.      Jawaban                : i
Pembahasan          : Kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga disebut dengan kurva permintaan.
7.      Jawaban                : a
Pembahasan          : Harga apel turun sebesar 40%, sedangkan jumlah apel yang  diminta juga turun sebesar 40%. Besarnya elastisitas permintaan sebesar 1. Disebut dengan permintaan elastis uniter.
8.      Jawaban                : j
Pembahasan          : hukum penawaran menyatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga.
9.      Jawaban                ; g
Pembahasan          : Harga mangga turun 20%, maka jumlah mangga yang ditawarkan turun 20%. Jadi besarnya elastisitas penawarannya sebesar 1. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi penawaran elastis uniter.
10.  Jawaban                : h
Pembahasan           : salah satu penyebab turunnya jumlah barang yang diminta adalah kenaikan harga suatu barang mendorong seorang konsumen untuk membeli barang pengganti yang harganya relatif lebih murah.








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar