KUNCI JAWABAN
SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
SMP/MTs KABUPATEN MALANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
1. Jawaban :
C
Pembahasan : menurut ilmu ekonomi, pasar lebih
dihubungkan dengan kegiatan bukan tempat. Alasannya, tempat untuk bertemunya
penjual dan pembeli bisa dimana saja. Mereka bisa bertemu toko, di pinggir
jalan, di dalam bus, maupun di warung makan.
2. Jawaban :
D
Pembahasan : pasar ini berlangsung seminggu atau sepekan
sekali sehingga ada yang menyebutnya pekan. Misalnya dibeberapa daerah pedesaan
di Jawa masih terdapat pasar mingguan seperti pasar wage, pon dan legi.
3. Jawaban : A
Pembahasan : ciri pasar oligopoli adalah hanya
terdapat beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga kegiatan dari
penjual yang satu bisa mempengaruhi pemasaran barang penjual yang lainnya.
4. Jawaban
: D
Pembahasan : instrumen pasar uang berupa surat-surat yang
meliputi pinjaman sewaktu-waktu ( call money ), SBPU ( Surat Berharga Pasar
Uang ), dan SBI ( Sertifikat Bank Indonesia ). Sedangkan valuta asing diperjualbelikan
di bursa valuta asing.
5. Jawaban : A
Pembahasan :
dalam pengertian ekonomi, pasar mempunyai 3 fungsi yaitu fungsi
distribusi, fungsi pembentukan harga dan
fungsi promosi.
6. Jawaban : C
Pembahasan :
permintaan inelastis ( tidak elastis ), jika ed < 1. Artinya
perubahan harga sedikit berpengaruh terhadap jumlah barang dan jasa yang
diminta.
7. Jawaban : A
Pembahasan : harga telur naik dari harga
Rp. 10.000,00 menjadi Rp. 12.000,00, maka jumlah telur yang diminta turun
sedikit dari 100 kg menjadi 90 kg. Jadi besarnya elastisitas permintaannya
sebesar (Rp. 10.000,00/ Rp. 2.000,00 X 10/100 = 0,5).
8. Jawaban :
D
Pembahasan : perubahan harga tidak
berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta. Misalnya Permintaan terhadap
barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam dan sebagainya.
9. Jawaban :
D
Pembahasan : kurva permintaan adalah
kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang yang diminta pada
berbagai tingkat harga
10. Jawaban :
A
Pembahasan : harga buku naik dari Rp.
3.000,00 menjadi Rp. 3.300,00 (naik 10%), maka jumlah yang ditawarkan naik dari
1.000 unit menjadi 1.200 unit (naik 20%). Maka besarnya elastisitas penawaran
sebesar (20% / 10% = 2).
B. Berilah
tanda silang (X) untuk jawaban yang benar!
1. Jawaban :
Salah
Pembahasan : pasar modal merupakan contoh dari pasar
nasional.
2. Jawaban :
Benar
Pembahasan : pasar berperan
membangkitkan minat konsumen untuk membeli
barang atau jasa tertentu merupakan fungsi promosi dari pasar.
3. Jawaban
: Salah
Pembahasan : terdapat banyak penjual macam barang
tertentu merupakan ciri dari Pasar Persaingan Monopolistis.
4. Jawaban : Benar
Pembahsan : produsen dapat
mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya merupakan Fungsi Keterkaitan
Pasar dan Distribusi.
5. Jawaban :
Benar
Pembahasan
:
Salah satu karakteristik laporan adalah laporan harus imajinatif.
6. Jawaban :
Salah
Pembahasan : Jika harga
barang turun dari Rp. 4.000,00 menjadi Rp. 3.600,00 (turun 15%), sehingga
jumlah barang yang diminta juga turun dari 100 unit menjadi 97 unit (turun 5%).
Maka besarnya elastisitas penawarannya sebesar (3% / 15% =0,2)
7. Jawaban : Benar
Pembahasan : Selisih jumlah
antara yang ditawarkan dan barang yang diminta pada waktu harga berada di atas
harga pasar disebut dengan shortage
8. Jawaban : Salah
Pembahasan : penawaran
adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu
tertentu.
9. Jawaban : Benar
Pembahasan : Jika harga
jeruk naik dari Rp. 4.000,00 menjadi Rp. 4.600,00 per kg (naik 15%), maka
jumlah jeruk yang diminta turun drastis dari 1.000 kg menjadi 600 kg (turun
40%). Maka besarnya elastisitas permintaannya sebesar (40% / 15% = 2,67)
10. Jawaban : Salah
Pembahasan :
Garis yang menghubungkan titik-titik pertemuan antara jumlah barang yang
ditawarkan dan tingkat harga disebut kurva keseimbangan.
C. Jawablah
soal-soal berikut ini!
1. Pasar
adalah tempat terjadinya proses hubungan timbal balik antara penjual dan
pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang atau jasa yang
diperjualbelikan.
2. Perbedaan
pasar konkret dan pasar abstrak.
Pasar Konkret
|
Pasar Abstrak
|
|
1. Penngertian
Pasar
|
Lebih ditekankan pada
pasar sebagai tempat.
|
Lebih ditekankan pada
pasar sebagai kegiatan.
|
2. Hubungan
transaksi
|
- Berlangsung
ditempat tertentu.
- Penjual
dan pembeli bertemu secara fisik.
|
- Tidak
tergantung tempat(bisa dimana saja).
- Penjual
dan pembeli tidak selalu bertemu secara fisik.
|
3. Tempat
transaksi
|
Dilakukan ditempat
tertentu (gedung ataupun tempat terbuka)
|
Tidak selalu
dilakukan ditempat tertentu.
|
4. Alat
transaksi
|
Komunikasi langsung
(tatap muka)
|
Kkomunikasi tidak
langsung via telepon, telegram, pialang dll.
|
5. Barang
dan jasa yang diperjualbelikan.
|
Langsung tersedia
ditempat transaksi.
|
Tidak langsung
tersedia ditempat transaksi.
|
3. Fungsi
pasar :
a. Fungsi
distribusi àpasar
berrperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
b. Fungsi
pembentukan harga à pasar berperan mewujudkan kesepakatan
harga antara penjual dan pembeli.
c. Fungsi
promosi à
pasar berperan memmbangkitkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa
tertentu.
4. Peranan
Keterkaitan Pasar dan Distribusi.
a. Mempermudah
konsumen melakukan konsumsi à dengan adanya pasar dan distribusi,
barang atau jasa yang dihasilkan dalam kegiatan produksi dapat dinikmati oleh
konsumen.
b. Memmbentuk
terciptanya harga barang yang relatif stabil à dengan adanya
pasar dan distribusi, barang-barang dapat disalurkan ke konsumen sesuai dengan
kebutuhan konsumen tersebut.
c. Produsen
dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya à
bagi produsen, berlangsungnya kegiatan pasar dan distribusi yang sehat akan
dapat mempertahankan penjualan hasil produksinya dengan stabil.
d. Meningkatkan
penjualan dan meningkatkan efisiensi perusahaan à bagi produsen,
kegiatan pasar dan distribusi akan menaikkan tingkat penjualan hasil
produksinya.
5. Manfaat
yang diperoleh dari observasi pasar bagi pihak terkait :
a. Bahan
penilaina bagi pemerintah, swasta dan pengelola pasar apakah pasar yang
bersangkutan menguntungkan atau bahkan merugi.
b. Bahan
masukan bagi pengelola pasar untuk mengadakan perbaikan dan meningkatkan
pelayanan baik untuk pembeli maupun untuk penjual.
c. Bahan
berguna bagi pihak produsen untuk semakin meningkatkan hasil produksinya.
d. Bahan
penilaian bagi pengelola pasar untuk memperluas area atau meningkatkan fasilitas
pasar. Atau, bahkan memindahkan lokasi pasar ke tempat baru.
e. Bahkan
berguna bagi pemerintah dan produsen untuk menjaga kestabilan persediaan
barang-barang.
6. Penawaran
adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang dan jasa pada
berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.
7. Kurva
permintaan bergerak miring dari kiri atas ke kanan bawah berarti terjadi
kenaikan permintaan.
8. Harga
pasar dan harga keseimbangan terjadi apabila diantara pembeli dan penjual
terjadi kesepakatan harga barang atau jasa yang akan diperjualbelikan.
9. Apabila
kurva penawaran bergeser kekanan, berarti terjadi kenaikan permintaan.
10. Macam-macam
pasar konkret :
a. Berdasarkan
manajemen pengelolaan
- Pasar
modern : pasar yang dibangun oleh pemerintah, swasta, atau koperasi, dikelola
secara modern, mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja.
- Pasar
tradisional : pasar yang dibangun pemerintah, swasta, koperasi atau swadaya
masyarakat.
b. Berdasarkan
ragam barang yang dijual :
- Toko
khusus : toko yang menjual hanya satu jenis barang.
- Toko
satu jalur : toko yang menjual hanya satu kelompok barang sejenis.
c. Berdasarkan
banyak sedikitnya barang yang dijual :
- Toko
serba ada : toko pengecer yang besar dan mempunyai banyak jenis produk.
- Toko
swadaya : toko skala kecil dan menjual berbagai macam barang yang dimiliki
seorang individu sebagai pemimpinnya.
- Pasar
swalayan : pasar berukuran besar yang menjual bermacam-macam barang langsung
kepada konsumen.
- Hipermarket
: supermarket yang berukuran lebih besar dan menjual lebih banyak ragam barang.
d. Berdasarkan manajemen pelayanan :
- Mall/supermall/plaza
: tempat atau bangunan (toko) dalam skala besar yang dimiliki atau disewa untuk
usaha perdagangan berbagai barang atau jasa.
- Pertokoan
: wilayah lingkungan pertokoan dimana terdapat bangunan toko-toko sepanjang
tepi jalan.
- Pasar
swalayan : pasar berukuran besar yang menjual bermacam-macam barang langsung
kepada konsumen.
e. Berdasarkan partai penjualannya :
- Partai
grosir : pasar tempat dilakukannya usaha perdagangan dalam partai besar.
- Partai
eceran : pasar tempat dilakukannya usaha perdagangan dalam partai kecil.
D. Jodohkan
pernyataan yang ada disebelah kiri dengan
pernyataan disebelah kanan dengan cara menulis huruf pilihan jawaban di
depan pernyataan yang tepat!
1. Jawaban : f
Pembahasan :
Pasar yang memperjual belikan barang-barang konsumsi disebut Pasar barang
konsumsi.
2. Jawaban : d
Pembahasan :
Pengertian pasar dalam percakapan sehari-hari merupakan pengertian pasar
konkret.
3. Jawaban : e
Pembahasan :
Pasar Uang, Pasar Modal, dan Bursa Tenaga Kerja merupakan contoh dari pasar
abstrak.
4. Jawaban : c
Pembahasan : Pasar memberikan kemudahan untuk
memperoleh barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya merupakan salah satu
peranan pasar.
5. Jawaban : b
Pembahasan : Semua faktor produksi bebas untuk
bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain merupakan ciri dari pasar persaingan
sempurna.
6. Jawaban : i
Pembahasan : Kurva yang menunjukkan hubungan
berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat
harga disebut dengan kurva permintaan.
7. Jawaban : a
Pembahasan : Harga apel turun sebesar 40%,
sedangkan jumlah apel yang diminta juga
turun sebesar 40%. Besarnya elastisitas permintaan sebesar 1. Disebut dengan
permintaan elastis uniter.
8. Jawaban : j
Pembahasan : hukum penawaran menyatakan bahwa jumlah
barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga.
9. Jawaban ; g
Pembahasan : Harga mangga turun 20%, maka jumlah
mangga yang ditawarkan turun 20%. Jadi besarnya elastisitas penawarannya
sebesar 1. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi penawaran elastis uniter.
10. Jawaban : h
Pembahasan : salah satu penyebab turunnya jumlah
barang yang diminta adalah kenaikan harga suatu barang mendorong seorang
konsumen untuk membeli barang pengganti yang harganya relatif lebih murah.
0 komentar:
Posting Komentar