Recent Comments

Blogger templates

ekonomi Executive

ekonomi

kursor

KODE 1 KODE 2

Empty Widget

Pages

lagu

Diberdayakan oleh Blogger.

menu ekonomi

Pengikut

Popular Posts

RSS

iklan

Script Iklan anda

jalan-jalan

warunk materi ekonomi

contoh latar belakang


ANALISIS KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA DUMAI


A.    Latar Belakang Masalah
Lembaga pendidikan adalah tempat dimana proses belajar mengajar berlangsung. 
Kegiatan proses belajar mengajar ini agar berjalan dengan lancar harus dikelola sedemikian rupa, dijalankan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan yang ahli dibidangnya selain itu juga dibutuhkan orang-orang yang memiliki kinerja dalam bekerja. Selain orang-orang dalam yang kompeten dibidangkan faktor ketersediaan sarana dan prasarana juga sangat menentukan kualitas pendidikan.
Selain hal tersebut, faktor pengawasan lembaga pendidikan juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Perencanaan tidak akan berhasil dengan baik tanpa dilaksanakannya fungsi pengawasan. Dalam sistem pendidikan fungsi pengawas sangat penting, pengawas adalah salah satu pihak yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas pendidikan.
Sumber daya manusia di lembaga pendidikan seperti pengawas sekolah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari anggota organisasi, anggota masyarakat, dan warga negara Republik Indonesia. Gerak langkahnya selalu didasari suatu proses pemikiran yang dilakukan secara sadar dan terencana sehingga aktivitas yang akan dilaksanakan dapat menyumbangkan hasil sesuai dengan harapan semula. Namun demikian disadari pula bahwa pelaksanaan aktivitasnya tersebut tidak sedikit masalah, hambatan dan tantangan yang dihadapi dan perlu mendapat perhatian pemikiran analisis serta cara-cara pemecahannya. Dalam masyarakat modern seperti sekarang ini, terlebih lagi dalam menuju era globalisasi, seluruh aparatur dituntut agar mampu menghadapi persaingan yang makin kompetitif, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu cara untuk mengantisipasi persaingan yang makin kompetitif tersebut adalah melalui peningkatan kualitas SDM yang komprehensif. Menurut Siagian bahwa SDM abad ke-21 ditandai oleh "Salah satu segi kehidupan yang timbul ke permukaan dewasa ini dengan gaung yang lebih kuat dibandingkan masa lalu adalah peningkatan kualitas hidup umat manusia. Kualitas hidup pada dasarnya bermuara pada pengakuan atas harkat dan martabat manusia." [1].
Pengawasan yang dilakukan pengawas perlu mendapatkan sorotan, sebab masalah kualitas pendidikan akhir-akhir ini menjadi masalah, dimana seperti yang terjadi di Kota Dumai kualitas pendidikan pada sekolah dasar mengalami penurunan.
Sekolah Dasar adalah bagian dari pendidikan dasar yang merupakan lembaga pendidikan dalam rangka merealisasikan program pendidikan. Dalam Undang-Undang tentang sistem pendidikan nasional ditegaskan bahwa pendidikan dasar diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan  pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat serta mempersiapkan peserta didik yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti penididikan menengah.
Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui sekolah dasarlah pendidikan di mulai dan untuk mencapai manusia yang berkualitas di masa yang akan datang dibutuhkan sekolah dasar yang mampu memberikan format kepada anak didik yang dapat digunakan untuk menghadapi masa depan.
Berangkat dari permasalahan yang diuraikan tersebut di atas, ditemukan permasalahan tentang kurang jalannya kerja pengawas dalam mengawasi pendidikan kondisi ini ditandai dengan menurunkan kualitas pendidikan siswa sekolah dasar. Alasan tersebutlah yang membuat penulis tertarik meneliti tentang hal tersebut dalam sebuah penelitian yang berjudul : “Analisis Kinerja Pengawas SD dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kota Dumai”.

B.     Perumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: “Bagaimana kinerja pengawas sekolah dasar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Dumai?”.

C.    Tujuan Penelitian
            Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1.            Kinerja pengawas sekolah dasar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Dumai
2.            Faktor yang mempengaruhi kinerja pengawas sekolah dasar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Dumai.

D.    Manfaat Penelitian
            Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis, meliputi:
1.            Secara teoritis, dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuian khususnya manajemen pendidikan islam dalam bentuk tambahan khazanah keilmuan untuk mengatasi masalah kualitas pendidikan ke depan.
2.            Secara praktis, dalam rangka memberikan informasi kepada pihak atau instansi terkait berhubungan dengan masalah kualitas pendidikan.


[1] Siagian, P. Sondang, Manajemen Sumber Daya Manusia. (Jakarta: BumiAksara, 2002) h. 96


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar