RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan macam-macam
kegiatan ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian konsumsi dan
jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk
menyebutkan kegiatan-kegiatan
yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari
2. Guru menjelaskan materi tentang
kegiatan pokok ekonomi, dan konsumsi
3. Siswa membaca materi dalam buku
4. Guru meminta siswa untuk menyebutkan
kembali kegiatan-kegiatan yang mereka sebutkan pada awal
pelajaran yang termasuk dalam kegiatan
pokok ekonomi
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
6. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi
kebutuhan sebagai siswa
2. Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan
negatif perilaku konsumtif
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
konsumsi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang skala
prioritas, daftar dan pola konsumsi,
aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan faktor-faktor
yang memengaruhi konsumsi
2. Siswa membaca materi tentang skala
prioritas, daftar dan pola konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif
perilaku konsumtif, dan faktor-faktor
yang memengaruhi konsumsi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara
lisan
4. Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah
untuk menyusun daftar konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang
pelajar, dan disusun berdasarkan
skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu, siswa diminta
untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian produksi dan
sumber daya ekonomi
2. Mengklasifikasi macam-macam sumber daya
ekonomi
3. Mengidentifikasi etika ekonomi dalam
memanfaatkan faktor-faktor produksi
4. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat
dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil
produksi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan garis besar materi tentang
produksi dan sumber daya ekonomi, macam-macam sumber daya
ekonomi, etika ekonomi
dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk meningkatkan jumlah dan mutu
hasil produksi.
2. Siswa
dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
3. Kelompok pertama diberi tugas mengkaji
pengertian produksi, dan memberi contoh kegiatan produksi
4. Kelompok
ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu kegiatan yang dapat digolongkan sebagai
kegiatan produksi, dengan yang
bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
5. Kelompok
ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya ekonomi, kemudian mengklasifikasi
macam-macam sumber daya ekonomi.
6. Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan
jenis-jenis kegiatan usaha, dan faktor-faktor produksi apa
yang diperlukan dalam tiap jenis usaha tersebut, kemudian
memberi contoh.
7. Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika
ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor
produksi. Kemudian memberi contoh
pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika ekonomi,
maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
8. Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa
hubungan antara hasil produksi
dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
9. Kelompok ke tujuh diberi tugas
mendiskusikan cara-cara apa saja yang dapat dilakukan guna meningkatkan
jumlah dan mutu hasil produksi. Masing-masing cara diberi
contoh
10. Kelompok ke
delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah
dan mutu hasil produksi
11. Setelah selesai, masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
12. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan
guru menambahkan materi
yang belum tersentuh oleh siswa
13. Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan
materi yang dipelajari
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian aktivitas presentasi
Lembar Penilaian Aktivitas
Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Kegiatan
|
Penyampaian
|
Menanggapi
Gagasan
|
Menjawab
|
Bertanya
|
Mengkritik
|
Presentasi
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan tujuan
distribusi
2. Mengklasifikasi sistem distribusi beserta
contohnya (langsung, semi langsung, dan tidak langsung)
3. Melakukan kegiatan yang menggambarkan
contoh etika ekonomi dalam kegiatan produksi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang distribusi
2. Siswa membaca materi tentang distribusi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara
lisan
4. Siswa diminta memberi contoh
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Badan Usaha
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya
proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian perusahaan dan
badan usaha
2. Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
3. Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha
(BUMN, BUMS, Koperasi)
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang perusahaan
dan badan usaha
2. Siswa membaca materi tentang perusahaan dan
badan usaha
2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
4. Siswa
diminta menyebutkan macam-macam badan usaha, masing- masing
diberi contoh
5. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi
B. Indikator
1. Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang
perlu diperhatikan dalam berbisnis
2. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola
secara profesional dan manusiawi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis
kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi faktor-faktor
ekonomi dan non ekonomi yang memengaruhi kegiatan bisnis
2. Siswa membaca materi dari buku materi
2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
4. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi
B. Indikator
Mendeskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang peranan
pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
2. Siswa membaca materi pelajaran dari buku
materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
4. Siswa diminta memberi contoh peranan pemerintah
sebagai regulator, dan sebagai fasilitator bagi
badan usaha.
5. Guru memberikan tugas individu yang
dikerjakan di rumah.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tugas siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 6 JP (3 X pertemuan)
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian kreatif dan
proses kreativitas dalam tindakan
ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian inovatif dan
manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis
kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan secara secara garis besar
materi tentang kreativitas
dalam tindakan ekonomi, dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membaca materi dalam buku
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang
materi yang belum jelas
5. Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Mengidentifikasi proses kemandirian dalam
usaha meningkatkan kesejahteraan
2. Berlatih mengerjakan sendiri dari
kreativitas dan inovasi yang direncanakan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Media cetak
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru bercerita tentang
krisis ekonomi yang terjadi di
Indonesia
tahun 1997/1998, dan pengangguran sebagai salah satu dampaknya, kemudian menghubungkan dengan materi kemandirian
untuk mewujudkan
kesejahteraan
2. Siswa membaca materi dalam buku
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4. Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
5. Guru memberi tugas individu kepada siswa
untuk mencari artikel tentang bentuk kemandirian dalam usaha
meningkatkan kesejahteraan
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tugas siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Berlatih mengerjakan sendiri dari
kreativitas dan inovasi yang direncanakan
2. Membuat produk berupa barang/jasa dari
sumber daya yang dimiliki
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Peralatan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan
D. Skenario Pembelajaran
1. Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat
suatu produk (dapat berupa benda seni atau kerajinan)
2. Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk
berkreasi sesuai dengan
keinginan mereka
1. Penilaian terhadap proses pembuatan produk
2. Penilaian terhadap hasil kerja siswa
Rubrik Penilaian
Indikator
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Alasan
|
|
Pengetahuan
tentang benda-benda seni atau kerajinan
|
|
|
|
|
Kualitas
benda seni yang dihasilkan
|
|
|
|
|
Keindahan
dan kerapihan
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Sistem
Perekonomian Indonesia dan Pelaku-pelaku Ekonomi
Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mendeskripsikan arti sistem
ekonomi dan macam-macamnya.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan secara garis besar
materi tentang arti
sistem ekonomi dan macam-macamnya.
2.
Siswa membaca materi dalam buku
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5.
Siswa diminta untuk dapat membedakan
macam-macam system ekonomi.
6.
Guru memberikan tes lisan kepada
siswa
E.
Penilaian
1.
Penilaian terhadap kemampuan siswa
menjawab pertanyaan secara lisan.
2.
Kemampuan siswa dalam memahami materi
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi
dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mengidentifikasi kebaikan dan
kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Siswa diminta untuk terlebih dahulu
membaca buku materi, maupun buku- buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran kebaikan dan kelemahan macam-macam
sistem ekonomi.
2.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
3.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4.
Siswa dibantu guru menyimpulkan
materi
5.
Guru memberi ulangan harian berupa
tes tertulis.
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam
memahami materi
3. Penilaian hasil tes tertulis siswa
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mengidentifikasi
ciri-ciri utama perekonomian Indonesia .
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran tentang
ciri-ciri utama perekonomian Indonesia.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diminta untuk menjelaskan
ciri-ciri uama perekonomian Indonesia.
5.
Guru memberikan tes tertulis kepada
siswa.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tes tertulis siswa
IV. Pertemuan ke-4
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mengidentifikasi kebaikan dan
kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan
kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
5.
Guru membantu siswa menyimpulkan
materi pelajaran, dan menambahkan apabila terdapat hal-hal yang masih
perlu ditambahkan dalam kesimpulaan yang
diungkapkan oleh siswa.
6.
Guru memberi tugas yang dikerjakan di
rumah kepada siswa.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil PR siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pajak
Kelas/ Semester : VIII
(Delapan)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Mendefinisikan pengertian pajak,
retribusi dan iuran.
2.
Menganalisis prinsip-prinsip
perpajakan.
C.
Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan pengertian pajak,
retribusi, iuran, dan prinsip- prinsip perpajakan.
2.
Siswa membaca materi dari buku materi
pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan tes
lisan kepada siswa
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab
pertanyaan secara lisan.
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur pajak.
2. Menjelaskan
fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Siswa diminta untuk terlebih dahulu
membaca buku materi, maupun buku- buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran unsur-unsur pajak, dan fungsi pajak dalam kehidupan suatu
negara.
2.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang unsur-unsur pajak, dan fungsi pajak.
3.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4.
Siswa dibantu guru menyimpulkan
materi
5.
Guru memberi tes tertulis kepada
siswa.
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam
memahami materi
3. Penilaian hasil tes tertulis siswa
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Mengidentifikasi jenis-jenis pajak.
2. Menyebutkan
undang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
§ Bukti pembayaran pajak
§ Brosur-brosur tentang pajak
D. Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang jenis-jenis pajak.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Guru membagi siswa ke dalam kelompok
yang beranggotakan 5-6 siswa.
4.
Masing-masing kelompok diminta untuk
mengerjakan PR yang diberikan oleh guru untuk mencari, mengumpulkan
bukti pembayaran pajak, kemudian
mengidentifikasi termasuk ke dalam jenis pajak apa?
5. Guru memberitahukan
batas waktu pengumpulan tugas.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil pekerjaan rumah
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Memberi contoh pemungutan pajak dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengidentifikasi sanksi-sanksi
terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannya.
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru memberi contoh dan menjelaskan
pemungutan pajak sehari-hari, dan sanksi-sanksi yang dikenakan kepada
wajib pajak yang melalaikan kewajibannya.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Guru membagi siswa ke dalam kelompok
yang beranggotakan 5-6 siswa.
5.
Masing-masing kelompok mengerjakan
soal penghitungan pajak yang
diberikan guru.
6.
Setelah selesai, guru dan siswa
membahas soal yang diberikan oleh guru.
7.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tugas siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Permintaan,
Penawaran, dan Harga Keseimbangan
Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuknya harga pasar
B.
Indikator
1.
Mendeskripsikan pengertian dan
faktor-faktor yang memengaruhi permintaan barang dan jasa.
2.
Mengidentifikasi hubungan antara
permintaan dan konsumsi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan pengertian dan
faktor-faktor yang memengaruhi permintaan barang dan jasa, kemudian
mengidentifikasi hubungan antara permintaan
dan konsumsi.
2.
Siswa membaca materi dari buku materi
pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan tes
lisan kepada siswa
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab
pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
II. Pertemuan ke-2
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B.
Indikator
1.
Mendefinisikan pengertian penawaran dan
faktor-faktor yang memengaruhi penawaran harga barang dan
jasa.
2.
Mengidentifikasi hubungan antara
penawaran dan produksi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan pengertian dan
faktor-faktor yang memengaruhi penawaran barang dan jasa, kemudian
mengidentifikasi hubungan antara penawaran
harga barang dan jasa.
2.
Siswa membaca materi dari buku materi
pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan tes
tertulis kepada siswa
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab
pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam
memahami materi.
3. Penilaian terhadap hasil tes tertulis
siswa.
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B.
Indikator
1.
Menganalisis terbentuknya harga
keseimbangan melalui permintaan dan penawaran.
2.
mengidentifikasi hubungan antara permintaan dan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurva harga
keseimbangan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan terbentuknya harga
keseimbangan melalui permintaan dan
penawaran, dan hubungan antara permintaan dan penawaran
yang digambarkan dalam bentuk kurva harga keseimbangan.
2.
Siswa membaca materi dari buku materi
pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5. Guru membagi siswa
dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
6. Guru
memberikan tugas yang dikerjakan dalam kelompok.
7. Setelah selesai, guru dan siswa
bersama-sama membahas soal-soal yang dikerjakan siswa.
8. Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan
materi pelajaran.
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab
pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam
memahami materi.
3. Penilaian
terhadap proses diskusi siswa.
IV. Pertemuan ke-4
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
B. Indikator
Menunjukkan etika ekonomi dalam
permintaan dan penawaran barang dan jasa.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi tentang etika
ekonomi dalam permintaan dan penawaran barang dan jasa.
2.
Siswa membaca materi dari buku materi
pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5.
Guru memberikan ulangan harian kepada
siswa
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab
pertanyaan secara lisan.
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam
memahami materi.
3. Penilaian terhadap hasil ulangan harian
siswa.
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Perdagangan
Internasional
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 2
Waktu :
8 JP
I. Pertemuan ke-1
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan
dampaknya terhadap perekonomian
Indonesia.
B. Indikator
1. Menjelaskan pengertian dan faktor-faktor
yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
2. Mengidentifikasi manfaat perdagangan
internasional.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dsn MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan sambil mendiskusikan
materi tentang pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan
timbulnya perdagangan internasional, dan
manfaat perdagangan internasional.
2. Siswa
membaca buku-buku yang relevan dengan materi.
3. Guru
dan siswa melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Setelah tanya jawab selesai, dan siswa
sudah mengerti materi pelajarannya, guru menyimpulkan materi
tentang pengertian dan faktor- faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional, dan manfaat perdagangan internasional.
5. Siswa
diminta mengerjakan soal-soal tes tertulis yang diberikan oleh guru.
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap pemahaman materi siswa.
2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam
tanya jawab secara lisan.
3. Penilaian terhadap
hasil tes.
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan
dampaknya terhadap perekonomian
Indonesia.
B.
Indikator
1.
Mengidentifikasi hambatan perdagangan
internasional.
2.
Mendeskripsikan pengertian, fungsi,
dan jenis-jenis devisa.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Siswa membaca materi pelajaran maupun
buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi.
2. Guru menjelaskan materi tentang hambatan
perdagangan internasional, dan
pengertian, fungsi, serta jenis-jenis devisa.
3. Guru
dan siswa mendiskusikan materi, sambil melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Setelah tanya jawab selesai, dan siswa
sudah mengerti materi tentang hambatan perdagangan internasional, dan
pengertian, fungsi, serta jenis- jenis
devisa, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran tersebut.
5. Siswa
diminta mengerjakan soal-soal ulangan harian berupa tes tertulis yang diberikan oleh
guru.
E.
Penilaian
1.
Kemampuan siswa dalam memahami materi
2.
Penilaian terhadap kemampuan siswa
dalam menjawab pertanyaan secara lisan.
3. Penilaian terhadap hasil ulangan harian
siswa.
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
B.
Indikator
1.
Mengidentifikasi sumber-sumber dan
tujuan penggunaan devisa..
2. Mengidentifikasi perbedaan ekspor dan
impor.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan sambil berdiskusi
dengan siswa tentang materi sumber- sumber dan tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor
dan impor.
2.
Siswa membaca buku materi, maupun
buku-buku referensi lain yang relevan dengan materi.
3.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
tentang materi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa, serta
perbedaan ekspor dan impor.
4. Guru menyimpulkan
materi.
5. Guru
meminta siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru.
E.
Penilaian
1.
Kemampuan siswa dalam memahami
materi.
2.
Penilaian terhadap partisipasi siswa
dalam tanya jawab.
3.
Penilaian terhadap jawaban siswa
dalam menjawab tes secara lisan.
4. Penilaian terhadap
hasil PR siswa.
IV. Pertemuan ke-4
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Menjelaskan dampak perdagangan
internasional terhadap perekonomian Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru memberikan secara garis besar
materi tentang dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian
Indonesia.
2.
Siswa membaca buku materi, maupun
buku-buku referensi lain yang relevan dengan materi.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
sambil melakukan tanya jawab tentang dampak perdagangan
internasional terhadap perekonomian Indonesia.
4. Guru menyimpulkan
materi.
5. Guru
memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
E.
Penilaian
1.
Kemampuan siswa dalam memahami
materi.
2.
Penilaian terhadap partisipasi siswa
dalam tanya jawab.
3.
Penilaian terhadap jawaban siswa
dalam menjawab tes secara lisan.
4. Penilaian terhadap hasil ulangan harian
siswa.
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kerja Sama Ekonomi Internasional
Kelas/ Semester : IX (Sembilan)/ 2
Waktu :
6 JP
I. Pertemuan
ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di
bidang ekonomi..
B. Indikator
1. Mendeskripsikan
arti dan tujuan kerja sama ekonomi
antarnegara.
2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama
antarnegara.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1. Guru
menjelaskan sambil mendiskusikan dengan siswa materi tentang arti dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk
kerja sama antarnegara.
3.
Siswa membaca materi dalam buku,
maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
4.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
tentang materi arti dan tujuan kerja sama ekonomi
antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
5.
Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
6.
Guru memberi tes tertulis kepada
siswa
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan
2.
Kemampuan siswa dalam memahami materi
3.
Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
B. Indikator
Mengidentifikasi badan-badan kerja sama
ekonomi regional dan multilateral.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru
menjelaskan, mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral.
3.
Siswa membaca materi dalam buku.
4.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
tentang materi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral.
5.
Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti.
6.
Guru memberi PR kepada siswa, untuk
menyebutkan badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral
yang diikuti oleh Indonesia.
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan.
2.
Kemampuan siswa dalam memahami
materi.
3. Penilaian terhadap
hasil tes siswa.
4. Penilaian
terhadap PR siswa.
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi
dampak kerja sama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi
antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa.
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru
menjelaskan materi tentang dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
2. Siswa menyimak penjelasan guru, sambil
membaca buku materi pelajaran.
3.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab
secara lisan.
4.
Siswa diminta untuk menjelaskan
dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap perekonomian
Indonesia.
5.
Guru memberikan ulangan harian berupa
tes tertulis kepada siswa.
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan.
2.
Kemampuan siswa dalam memahami
materi.
3. Penilaian hasil ulangan
siswa.
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan macam-macam
kegiatan ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian konsumsi dan
jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk
menyebutkan kegiatan-kegiatan
yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari
2. Guru menjelaskan materi tentang
kegiatan pokok ekonomi, dan konsumsi
3. Siswa membaca materi dalam buku
4. Guru meminta siswa untuk menyebutkan
kembali kegiatan-kegiatan yang mereka sebutkan pada awal
pelajaran yang termasuk dalam kegiatan
pokok ekonomi
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
6. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi
kebutuhan sebagai siswa
2. Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan
negatif perilaku konsumtif
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
konsumsi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang skala
prioritas, daftar dan pola konsumsi,
aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan faktor-faktor
yang memengaruhi konsumsi
2. Siswa membaca materi tentang skala
prioritas, daftar dan pola konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif
perilaku konsumtif, dan faktor-faktor
yang memengaruhi konsumsi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara
lisan
4. Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah
untuk menyusun daftar konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang
pelajar, dan disusun berdasarkan
skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu, siswa diminta
untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian produksi dan
sumber daya ekonomi
2. Mengklasifikasi macam-macam sumber daya
ekonomi
3. Mengidentifikasi etika ekonomi dalam
memanfaatkan faktor-faktor produksi
4. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat
dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil
produksi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan garis besar materi tentang
produksi dan sumber daya ekonomi, macam-macam sumber daya
ekonomi, etika ekonomi
dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk meningkatkan jumlah dan mutu
hasil produksi.
2. Siswa
dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
3. Kelompok pertama diberi tugas mengkaji
pengertian produksi, dan memberi contoh kegiatan produksi
4. Kelompok
ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu kegiatan yang dapat digolongkan sebagai
kegiatan produksi, dengan yang
bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
5. Kelompok
ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya ekonomi, kemudian mengklasifikasi
macam-macam sumber daya ekonomi.
6. Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan
jenis-jenis kegiatan usaha, dan faktor-faktor produksi apa
yang diperlukan dalam tiap jenis usaha tersebut, kemudian
memberi contoh.
7. Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika
ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor
produksi. Kemudian memberi contoh
pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika ekonomi,
maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
8. Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa
hubungan antara hasil produksi
dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
9. Kelompok ke tujuh diberi tugas
mendiskusikan cara-cara apa saja yang dapat dilakukan guna meningkatkan
jumlah dan mutu hasil produksi. Masing-masing cara diberi
contoh
10. Kelompok ke
delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah
dan mutu hasil produksi
11. Setelah selesai, masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
12. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan
guru menambahkan materi
yang belum tersentuh oleh siswa
13. Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan
materi yang dipelajari
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian aktivitas presentasi
Lembar Penilaian Aktivitas
Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Kegiatan
|
Penyampaian
|
Menanggapi
Gagasan
|
Menjawab
|
Bertanya
|
Mengkritik
|
Presentasi
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan tujuan
distribusi
2. Mengklasifikasi sistem distribusi beserta
contohnya (langsung, semi langsung, dan tidak langsung)
3. Melakukan kegiatan yang menggambarkan
contoh etika ekonomi dalam kegiatan produksi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang distribusi
2. Siswa membaca materi tentang distribusi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara
lisan
4. Siswa diminta memberi contoh
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Badan Usaha
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya
proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian perusahaan dan
badan usaha
2. Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
3. Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha
(BUMN, BUMS, Koperasi)
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang perusahaan
dan badan usaha
2. Siswa membaca materi tentang perusahaan dan
badan usaha
2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
4. Siswa
diminta menyebutkan macam-macam badan usaha, masing- masing
diberi contoh
5. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi
B. Indikator
1. Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang
perlu diperhatikan dalam berbisnis
2. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola
secara profesional dan manusiawi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis
kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi faktor-faktor
ekonomi dan non ekonomi yang memengaruhi kegiatan bisnis
2. Siswa membaca materi dari buku materi
2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti
4. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi
B. Indikator
Mendeskripsikan
peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang peranan
pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
2. Siswa membaca materi pelajaran dari buku
materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
4. Siswa diminta memberi contoh peranan pemerintah
sebagai regulator, dan sebagai fasilitator bagi
badan usaha.
5. Guru memberikan tugas individu yang
dikerjakan di rumah.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tugas siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2
Waktu : 6 JP (3 X pertemuan)
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian kreatif dan
proses kreativitas dalam tindakan
ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian inovatif dan
manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis
kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan secara secara garis besar
materi tentang kreativitas
dalam tindakan ekonomi, dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membaca materi dalam buku
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang
materi yang belum jelas
5. Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Mengidentifikasi proses kemandirian dalam
usaha meningkatkan kesejahteraan
2. Berlatih mengerjakan sendiri dari
kreativitas dan inovasi yang direncanakan
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Media cetak
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru bercerita tentang
krisis ekonomi yang terjadi di
Indonesia
tahun 1997/1998, dan pengangguran sebagai salah satu dampaknya, kemudian menghubungkan dengan materi kemandirian
untuk mewujudkan
kesejahteraan
2. Siswa membaca materi dalam buku
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4. Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
5. Guru memberi tugas individu kepada siswa
untuk mencari artikel tentang bentuk kemandirian dalam usaha
meningkatkan kesejahteraan
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tugas siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan
gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kamandirian dan kesejahteraan
B. Indikator
1. Berlatih mengerjakan sendiri dari
kreativitas dan inovasi yang direncanakan
2. Membuat produk berupa barang/jasa dari
sumber daya yang dimiliki
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Peralatan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan
D. Skenario Pembelajaran
1. Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat
suatu produk (dapat berupa benda seni atau kerajinan)
2. Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk
berkreasi sesuai dengan
keinginan mereka
1. Penilaian terhadap proses pembuatan produk
2. Penilaian terhadap hasil kerja siswa
Rubrik Penilaian
Indikator
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Alasan
|
|
Pengetahuan
tentang benda-benda seni atau kerajinan
|
|
|
|
|
Kualitas
benda seni yang dihasilkan
|
|
|
|
|
Keindahan
dan kerapihan
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Sistem
Perekonomian Indonesia dan Pelaku-pelaku Ekonomi
Kelas/ Semester : VIII (Delapan)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mendeskripsikan arti sistem
ekonomi dan macam-macamnya.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan secara garis besar
materi tentang arti
sistem ekonomi dan macam-macamnya.
2.
Siswa membaca materi dalam buku
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5.
Siswa diminta untuk dapat membedakan
macam-macam system ekonomi.
6.
Guru memberikan tes lisan kepada
siswa
E.
Penilaian
1.
Penilaian terhadap kemampuan siswa
menjawab pertanyaan secara lisan.
2.
Kemampuan siswa dalam memahami materi
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi
dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mengidentifikasi kebaikan dan
kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Siswa diminta untuk terlebih dahulu
membaca buku materi, maupun buku- buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran kebaikan dan kelemahan macam-macam
sistem ekonomi.
2.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
3.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4.
Siswa dibantu guru menyimpulkan
materi
5.
Guru memberi ulangan harian berupa
tes tertulis.
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam
memahami materi
3. Penilaian hasil tes tertulis siswa
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mengidentifikasi
ciri-ciri utama perekonomian Indonesia .
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran tentang
ciri-ciri utama perekonomian Indonesia.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diminta untuk menjelaskan
ciri-ciri uama perekonomian Indonesia.
5.
Guru memberikan tes tertulis kepada
siswa.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tes tertulis siswa
IV. Pertemuan ke-4
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Mengidentifikasi kebaikan dan
kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan
kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
5.
Guru membantu siswa menyimpulkan
materi pelajaran, dan menambahkan apabila terdapat hal-hal yang masih
perlu ditambahkan dalam kesimpulaan yang
diungkapkan oleh siswa.
6.
Guru memberi tugas yang dikerjakan di
rumah kepada siswa.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil PR siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd. Arfah, SE
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pajak
Kelas/ Semester : VIII
(Delapan)/ 2
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Mendefinisikan pengertian pajak,
retribusi dan iuran.
2.
Menganalisis prinsip-prinsip
perpajakan.
C.
Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan pengertian pajak,
retribusi, iuran, dan prinsip- prinsip perpajakan.
2.
Siswa membaca materi dari buku materi
pelajaran, maupun buku-buku lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Siswa diberi kesempatan bertanya
tentang materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan tes
lisan kepada siswa
1. Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab
pertanyaan secara lisan.
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Mengidentifikasi unsur-unsur pajak.
2. Menjelaskan
fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Siswa diminta untuk terlebih dahulu
membaca buku materi, maupun buku- buku lain yang relevan dengan materi
pelajaran unsur-unsur pajak, dan fungsi pajak dalam kehidupan suatu
negara.
2.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang unsur-unsur pajak, dan fungsi pajak.
3.
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
4.
Siswa dibantu guru menyimpulkan
materi
5.
Guru memberi tes tertulis kepada
siswa.
E.
Penilaian
1.
Partisipasi siswa dalam tanya jawab
secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam
memahami materi
3. Penilaian hasil tes tertulis siswa
III. Pertemuan ke-3
A.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Mengidentifikasi jenis-jenis pajak.
2. Menyebutkan
undang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
§ Bukti pembayaran pajak
§ Brosur-brosur tentang pajak
D. Skenario Pembelajaran
1.
Guru menjelaskan materi pelajaran
tentang jenis-jenis pajak.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Guru membagi siswa ke dalam kelompok
yang beranggotakan 5-6 siswa.
4.
Masing-masing kelompok diminta untuk
mengerjakan PR yang diberikan oleh guru untuk mencari, mengumpulkan
bukti pembayaran pajak, kemudian
mengidentifikasi termasuk ke dalam jenis pajak apa?
5. Guru memberitahukan
batas waktu pengumpulan tugas.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil pekerjaan rumah
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional.
B.
Indikator
1.
Memberi contoh pemungutan pajak dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Mengidentifikasi sanksi-sanksi
terhadap wajib pajak yang melalaikan kewajibannya.
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§
Buku
Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§
Buku-buku
lain yang relevan dengan materi
D.
Skenario Pembelajaran
1.
Guru memberi contoh dan menjelaskan
pemungutan pajak sehari-hari, dan sanksi-sanksi yang dikenakan kepada
wajib pajak yang melalaikan kewajibannya.
2.
Siswa membaca buku materi pelajaran,
maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi pelajaran.
3.
Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran sambil melakukan tanya jawab.
4.
Guru membagi siswa ke dalam kelompok
yang beranggotakan 5-6 siswa.
5.
Masing-masing kelompok mengerjakan
soal penghitungan pajak yang
diberikan guru.
6.
Setelah selesai, guru dan siswa
membahas soal yang diberikan oleh guru.
7.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran.
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara
lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil tugas siswa
Bekasi,
Januari 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bidang Studi
0 komentar:
Posting Komentar