Recent Comments

Blogger templates

ekonomi Executive

ekonomi

kursor

KODE 1 KODE 2

Empty Widget

Pages

lagu

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Popular Posts

RSS

iklan

Script Iklan anda

jalan-jalan

warunk materi ekonomi

rpp smp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang                                            dikonsumsi siswa
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan                                                               kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari     
                  2.      Guru menjelaskan materi tentang kegiatan  pokok ekonomi, dan                                                         konsumsi
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali kegiatan-kegiatan                                          yang mereka sebutkan pada awal pelajaran yang termasuk dalam                                                     kegiatan pokok ekonomi
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa


II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
                  2.      Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif
                  3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi

         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                         konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                         faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  2.      Siswa membaca materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                   konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                         faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah untuk menyusun daftar                                         konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang pelajar, dan disusun                                        berdasarkan skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu,                                                               siswa diminta untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya

         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
                  2.      Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
                  3.      Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor                                          produksi
                  4.      Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna                                                          meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi

         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi

         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan garis besar materi tentang produksi dan sumber                                             daya ekonomi, macam-macam sumber daya ekonomi, etika                                                     ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk                                        meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi.
                  2.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
                  3.      Kelompok pertama diberi tugas mengkaji pengertian produksi, dan                                            memberi contoh kegiatan produksi
                  4.      Kelompok ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu                                                  kegiatan yang dapat digolongkan sebagai kegiatan produksi, dengan                                      yang bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
                  5.      Kelompok ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya                                                       ekonomi, kemudian mengklasifikasi macam-macam sumber daya                                            ekonomi.
                  6.      Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan jenis-jenis kegiatan                                            usaha, dan faktor-faktor produksi apa yang diperlukan dalam tiap                                                      jenis usaha tersebut, kemudian memberi contoh.
                  7.      Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika ekonomi                                                  dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi. Kemudian memberi                                           contoh pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika                                              ekonomi, maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
                  8.      Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa hubungan antara hasil                                                    produksi dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
                  9.      Kelompok ke tujuh diberi tugas mendiskusikan cara-cara apa saja                                              yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil                                                     produksi. Masing-masing cara diberi contoh
                  10.    Kelompok ke delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan                                       jumlah dan mutu hasil produksi
                  11.    Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil                                              diskusi di depan kelas   
                  12.    Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru  menambahkan                                      materi yang belum tersentuh oleh siswa
                  13.    Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang                                                   dipelajari

         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian aktivitas presentasi



Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi

No
Nama Siswa
Kegiatan
Penyampaian
Menanggapi Gagasan
Menjawab
Bertanya
Mengkritik
Presentasi
Total





















IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
                  2.      Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, semi                                          langsung, dan tidak langsung)
                  3.      Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi                                  dalam kegiatan produksi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang distribusi
                  2.      Siswa membaca materi tentang distribusi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diminta memberi contoh       
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Badan Usaha
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat                                 berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian perusahaan dan badan usaha
                  2.      Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
                  3.      Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (BUMN, BUMS,                                                       Koperasi)
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang perusahaan dan badan usaha
                  2.      Siswa membaca materi tentang perusahaan dan badan usaha
                  2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Siswa diminta menyebutkan macam-macam badan usaha, masing-                                             masing diberi contoh 
                  5.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa




II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai                                             tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan                                            pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan                                              dalam berbisnis 
                  2.      Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan                                           manusiawi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi                                             yang memengaruhi kegiatan bisnis
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi
                  2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai                                             tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan                                            pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur                                         kegiatan ekonomi          
            C. Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi


         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang peranan pemerintah sebagai                                                    pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
                  2.      Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
                  4.      Siswa diminta memberi contoh peranan pemerintah sebagai                                                        regulator, dan sebagai fasilitator bagi badan usaha.
                  5.      Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tugas siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi





                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                :     6 JP (3 X pertemuan)

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                            mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreativitas dalam                                                           tindakan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam                                                                 kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan                                                                kesejahteraan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan secara secara garis besar materi tentang                                                                   kreativitas dalam tindakan ekonomi, dan inovatif dalam kehidupan                                        sehari-hari 
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                            mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan                                   kesejahteraan
                  2.      Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang                                                    direncanakan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Media cetak
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru bercerita tentang krisis ekonomi yang terjadi                                         di  Indonesia tahun 1997/1998, dan pengangguran sebagai salah satu                                              dampaknya, kemudian menghubungkan dengan materi kemandirian untuk                             mewujudkan kesejahteraan
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi tugas individu kepada siswa untuk mencari artikel                                              tentang bentuk kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan           
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tugas siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                            mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang                                                             direncanakan
                  2.      Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Peralatan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat suatu produk (dapat                                              berupa benda seni atau kerajinan)
                  2.      Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk berkreasi sesuai                                                            dengan keinginan mereka
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap proses pembuatan produk
                  2.      Penilaian terhadap hasil kerja siswa

Rubrik Penilaian

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Alasan
Pengetahuan tentang benda-benda seni atau kerajinan




Kualitas benda seni yang dihasilkan




Keindahan dan kerapihan




Nilai rata-rata




Komentar




                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Sistem Perekonomian Indonesia dan Pelaku-pelaku Ekonomi
Kelas/ Semester  :     VIII (Delapan)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan arti sistem ekonomi dan macam-macamnya.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan secara garis besar materi tentang                                                                     arti sistem ekonomi dan macam-macamnya.
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Siswa diminta untuk dapat membedakan macam-macam system ekonomi.
                  6.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                 
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diminta untuk terlebih dahulu membaca buku materi, maupun buku-                               buku lain yang relevan dengan materi pelajaran kebaikan dan kelemahan                                macam-macam sistem ekonomi.
                  2.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kebaikan dan kelemahan                                          macam-macam sistem ekonomi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi ulangan harian berupa tes tertulis.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang ciri-ciri utama perekonomian                        Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diminta untuk menjelaskan ciri-ciri uama perekonomian Indonesia.
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kebaikan dan kelemahan                                          sistem ekonomi Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kebaikan dan kelemahan sistem                               ekonomi Indonesia.
                  5.      Guru membantu siswa menyimpulkan materi pelajaran, dan menambahkan                                apabila terdapat hal-hal yang masih perlu ditambahkan dalam kesimpulaan                             yang diungkapkan oleh siswa.
                  6.      Guru memberi tugas yang dikerjakan di rumah kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil PR siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi





                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Pajak
Kelas/ Semester  :     VIII (Delapan)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian pajak, retribusi dan iuran.
                  2.      Menganalisis prinsip-prinsip perpajakan.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan pengertian pajak, retribusi, iuran, dan prinsip-                                                prinsip perpajakan.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                      lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                 
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi unsur-unsur pajak.
                  2.      Menjelaskan fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diminta untuk terlebih dahulu membaca buku materi, maupun buku-                               buku lain yang relevan dengan materi pelajaran unsur-unsur pajak, dan                                            fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
                  2.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang unsur-unsur pajak, dan fungsi                                  pajak.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi jenis-jenis pajak.
                  2.      Menyebutkan undang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Bukti pembayaran pajak
§    Brosur-brosur tentang pajak
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang jenis-jenis pajak.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa.
                  4.      Masing-masing kelompok diminta untuk mengerjakan PR yang diberikan                                  oleh guru untuk mencari, mengumpulkan bukti pembayaran pajak,                                          kemudian mengidentifikasi termasuk ke dalam jenis pajak apa?
                  5.      Guru memberitahukan batas waktu pengumpulan tugas.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil pekerjaan rumah

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Memberi contoh pemungutan pajak dalam kehidupan sehari-hari.
                  2.      Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan                                        kewajibannya.
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru memberi contoh dan menjelaskan pemungutan pajak sehari-hari, dan                                sanksi-sanksi yang dikenakan kepada wajib pajak yang melalaikan                                       kewajibannya.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa.
                  5.      Masing-masing kelompok mengerjakan soal penghitungan pajak                                       yang diberikan guru.
                  6.      Setelah selesai, guru dan siswa membahas soal yang diberikan oleh guru.
                  7.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tugas siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Permintaan, Penawaran, dan Harga Keseimbangan
Kelas/ Semester  :     VIII (Delapan)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
         B.     Indikator
                  1.      Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi                                             permintaan barang dan jasa.
                  2.      Mengidentifikasi hubungan antara permintaan dan konsumsi.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi                                            permintaan barang dan jasa, kemudian mengidentifikasi hubungan antara                               permintaan dan konsumsi.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                      lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
                 

II.     Pertemuan ke-2

         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian penawaran dan faktor-faktor yang                                                    memengaruhi penawaran harga barang dan jasa.
                  2.      Mengidentifikasi hubungan antara penawaran dan produksi.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang memengaruhi                                            penawaran barang dan jasa, kemudian mengidentifikasi hubungan antara                               penawaran harga barang dan jasa.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                      lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes tertulis siswa.

           
III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
         B.     Indikator
                  1.      Menganalisis terbentuknya harga keseimbangan melalui permintaan dan                        penawaran.
                  2.      mengidentifikasi hubungan antara  permintaan dan penawaran yang                                          digambarkan dalam bentuk kurva harga keseimbangan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan terbentuknya harga keseimbangan melalui permintaan                          dan penawaran, dan hubungan antara permintaan dan                                                                  penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurva harga keseimbangan.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                      lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru membagi siswa dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 orang.
                  6.      Guru memberikan tugas yang dikerjakan dalam kelompok.
                  7.      Setelah selesai, guru dan siswa bersama-sama membahas soal-soal yang                                     dikerjakan siswa.
                  8.      Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian terhadap proses diskusi siswa.

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
         B.     Indikator
                  Menunjukkan etika ekonomi dalam permintaan dan penawaran barang dan jasa.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang etika ekonomi dalam permintaan dan                                     penawaran barang dan jasa.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                      lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru memberikan ulangan harian kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi



                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Perdagangan Internasional
Kelas/ Semester  :     IX (Sembilan)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  1.      Menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya                       perdagangan internasional.
                  2.      Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dsn MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil mendiskusikan materi tentang pengertian dan                         faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional,                                     dan manfaat perdagangan internasional.
                  2.      Siswa membaca buku-buku yang relevan dengan materi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab secara lisan.
                  4.      Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi                                         pelajarannya, guru menyimpulkan materi tentang pengertian dan faktor-                                 faktor yang            menyebabkan timbulnya perdagangan internasional, dan                           manfaat perdagangan internasional.
                  5.      Siswa diminta mengerjakan soal-soal tes tertulis yang diberikan oleh guru.
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap pemahaman materi siswa.
                  2.      Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes.
                                     
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional.
                  2.      Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis devisa.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa membaca materi pelajaran maupun buku-buku sumber lain yang                          relevan dengan materi.
                  2.      Guru menjelaskan materi tentang hambatan perdagangan internasional,                            dan pengertian, fungsi, serta jenis-jenis devisa.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi, sambil melakukan tanya jawab                           secara lisan.
                  4.      Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi tentang                            hambatan perdagangan internasional, dan pengertian, fungsi, serta jenis-                                   jenis devisa, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran                                    tersebut.
                  5.      Siswa diminta mengerjakan soal-soal ulangan harian berupa tes tertulis                             yang diberikan oleh guru.
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara                                 lisan.
                  3.      Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.


III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa..
                  2.      Mengidentifikasi perbedaan ekspor dan impor.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil berdiskusi dengan siswa  tentang materi sumber-                                sumber dan tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor dan impor.
                  2.      Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang                                         relevan dengan materi.  
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi sumber-sumber dan                              tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor dan impor.
                  4.      Guru menyimpulkan materi.
                  5.      Guru meminta siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru.
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  2.      Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
                  3.      Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan.
                  4.      Penilaian terhadap hasil PR siswa.
                 
         IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  Menjelaskan dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian                                Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru memberikan secara garis besar materi tentang dampak perdagangan                                  internasional terhadap perekonomian Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang                                         relevan dengan materi.  
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi sambil melakukan tanya jawab                                        tentang dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian                                        Indonesia.        
                  4.      Guru menyimpulkan materi.
                  5.      Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  2.      Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
                  3.      Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan.
                  4.      Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.
                 
                       


                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kerja Sama Ekonomi Internasional
Kelas/ Semester  :     IX (Sembilan)/ 2
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
         B.     Indikator
                  1.      Mendeskripsikan arti dan tujuan  kerja sama ekonomi antarnegara.
                  2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil mendiskusikan dengan siswa materi tentang arti                                 dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama                            antarnegara.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku, maupun buku-buku lain yang relevan                                 dengan materi pelajaran.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi arti                                                        dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama                            antarnegara.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa




II.     Pertemuan ke-2

         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan                                             multilateral.       
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan, mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi                                      regional dan multilateral.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi badan-badan kerja                                sama ekonomi regional dan multilateral.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
                  6.      Guru memberi PR kepada siswa, untuk menyebutkan badan-badan kerja                                   sama ekonomi regional dan multilateral yang diikuti oleh Indonesia.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa.
                  4.      Penilaian terhadap PR siswa.


III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi dampak kerja sama antarnegara terhadap perekonomian                              Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap                                       perekonomian Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa.
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang dampak kerja sama ekonomi antarnegara                                terhadap perekonomian Indonesia.
                  2.      Siswa menyimak penjelasan guru, sambil membaca buku materi pelajaran.
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan.
                  4.      Siswa diminta untuk menjelaskan dampak kerja sama ekonomi                                                  antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
                  5.      Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.

         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian hasil ulangan siswa.


                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang                                            dikonsumsi siswa
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan                                                               kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari     
                  2.      Guru menjelaskan materi tentang kegiatan  pokok ekonomi, dan                                                         konsumsi
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali kegiatan-kegiatan                                          yang mereka sebutkan pada awal pelajaran yang termasuk dalam                                                     kegiatan pokok ekonomi
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa


II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
                  2.      Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif
                  3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi

         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                         konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                         faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  2.      Siswa membaca materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                   konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                         faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah untuk menyusun daftar                                         konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang pelajar, dan disusun                                        berdasarkan skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu,                                                               siswa diminta untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya

         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
                  2.      Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
                  3.      Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor                                          produksi
                  4.      Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna                                                          meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi

         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi

         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan garis besar materi tentang produksi dan sumber                                             daya ekonomi, macam-macam sumber daya ekonomi, etika                                                     ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk                                        meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi.
                  2.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
                  3.      Kelompok pertama diberi tugas mengkaji pengertian produksi, dan                                            memberi contoh kegiatan produksi
                  4.      Kelompok ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu                                                  kegiatan yang dapat digolongkan sebagai kegiatan produksi, dengan                                      yang bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
                  5.      Kelompok ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya                                                       ekonomi, kemudian mengklasifikasi macam-macam sumber daya                                            ekonomi.
                  6.      Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan jenis-jenis kegiatan                                            usaha, dan faktor-faktor produksi apa yang diperlukan dalam tiap                                                      jenis usaha tersebut, kemudian memberi contoh.
                  7.      Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika ekonomi                                                  dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi. Kemudian memberi                                           contoh pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika                                              ekonomi, maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
                  8.      Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa hubungan antara hasil                                                    produksi dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
                  9.      Kelompok ke tujuh diberi tugas mendiskusikan cara-cara apa saja                                              yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil                                                     produksi. Masing-masing cara diberi contoh
                  10.    Kelompok ke delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan                                       jumlah dan mutu hasil produksi
                  11.    Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil                                              diskusi di depan kelas   
                  12.    Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru  menambahkan                                      materi yang belum tersentuh oleh siswa
                  13.    Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang                                                   dipelajari

         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian aktivitas presentasi



Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi

No
Nama Siswa
Kegiatan
Penyampaian
Menanggapi Gagasan
Menjawab
Bertanya
Mengkritik
Presentasi
Total





















IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                          konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
                  2.      Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, semi                                          langsung, dan tidak langsung)
                  3.      Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi                                  dalam kegiatan produksi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang distribusi
                  2.      Siswa membaca materi tentang distribusi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diminta memberi contoh       
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Badan Usaha
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat                                 berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian perusahaan dan badan usaha
                  2.      Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
                  3.      Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (BUMN, BUMS,                                                       Koperasi)
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang perusahaan dan badan usaha
                  2.      Siswa membaca materi tentang perusahaan dan badan usaha
                  2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Siswa diminta menyebutkan macam-macam badan usaha, masing-                                             masing diberi contoh 
                  5.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa




II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai                                             tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan                                            pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan                                              dalam berbisnis 
                  2.      Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan                                           manusiawi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi                                             yang memengaruhi kegiatan bisnis
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi
                  2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai                                             tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan                                            pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur                                         kegiatan ekonomi          
            C. Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi


         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang peranan pemerintah sebagai                                                    pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
                  2.      Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
                  4.      Siswa diminta memberi contoh peranan pemerintah sebagai                                                        regulator, dan sebagai fasilitator bagi badan usaha.
                  5.      Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tugas siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi





                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kreativitas dalam Tindakan Ekonomi
Kelas/ Semester  :     VII (tujuh)/ 2
Waktu                :     6 JP (3 X pertemuan)

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                            mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian kreatif dan proses kreativitas dalam                                                           tindakan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian inovatif dan manfaatnya dalam                                                                 kehidupan sehari-hari yang mampu mendorong peningkatan                                                                kesejahteraan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan secara secara garis besar materi tentang                                                                   kreativitas dalam tindakan ekonomi, dan inovatif dalam kehidupan                                        sehari-hari 
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                            mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi proses kemandirian dalam usaha meningkatkan                                   kesejahteraan
                  2.      Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang                                                    direncanakan
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Media cetak
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru bercerita tentang krisis ekonomi yang terjadi                                         di  Indonesia tahun 1997/1998, dan pengangguran sebagai salah satu                                              dampaknya, kemudian menghubungkan dengan materi kemandirian untuk                             mewujudkan kesejahteraan
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi tugas individu kepada siswa untuk mencari artikel                                              tentang bentuk kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan           
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tugas siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk                                            mencapai kamandirian dan kesejahteraan
         B.     Indikator
                  1.      Berlatih mengerjakan sendiri dari kreativitas dan inovasi yang                                                             direncanakan
                  2.      Membuat produk berupa barang/jasa dari sumber daya yang dimiliki
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Peralatan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat suatu produk (dapat                                              berupa benda seni atau kerajinan)
                  2.      Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk berkreasi sesuai                                                            dengan keinginan mereka
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap proses pembuatan produk
                  2.      Penilaian terhadap hasil kerja siswa

Rubrik Penilaian

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Alasan
Pengetahuan tentang benda-benda seni atau kerajinan




Kualitas benda seni yang dihasilkan




Keindahan dan kerapihan




Nilai rata-rata




Komentar




                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Sistem Perekonomian Indonesia dan Pelaku-pelaku Ekonomi
Kelas/ Semester  :     VIII (Delapan)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan arti sistem ekonomi dan macam-macamnya.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan secara garis besar materi tentang                                                                     arti sistem ekonomi dan macam-macamnya.
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Siswa diminta untuk dapat membedakan macam-macam system ekonomi.
                  6.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                 
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diminta untuk terlebih dahulu membaca buku materi, maupun buku-                               buku lain yang relevan dengan materi pelajaran kebaikan dan kelemahan                                macam-macam sistem ekonomi.
                  2.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kebaikan dan kelemahan                                          macam-macam sistem ekonomi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi ulangan harian berupa tes tertulis.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang ciri-ciri utama perekonomian                        Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diminta untuk menjelaskan ciri-ciri uama perekonomian Indonesia.
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                     Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kebaikan dan kelemahan                                          sistem ekonomi Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kebaikan dan kelemahan sistem                               ekonomi Indonesia.
                  5.      Guru membantu siswa menyimpulkan materi pelajaran, dan menambahkan                                apabila terdapat hal-hal yang masih perlu ditambahkan dalam kesimpulaan                             yang diungkapkan oleh siswa.
                  6.      Guru memberi tugas yang dikerjakan di rumah kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil PR siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi





                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :     MTs Attaqwa 09
Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Pajak
Kelas/ Semester  :     VIII (Delapan)/ 2
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian pajak, retribusi dan iuran.
                  2.      Menganalisis prinsip-prinsip perpajakan.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan pengertian pajak, retribusi, iuran, dan prinsip-                                                prinsip perpajakan.
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi pelajaran, maupun buku-buku                                      lain yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                 
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi unsur-unsur pajak.
                  2.      Menjelaskan fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diminta untuk terlebih dahulu membaca buku materi, maupun buku-                               buku lain yang relevan dengan materi pelajaran unsur-unsur pajak, dan                                            fungsi pajak dalam kehidupan suatu negara.
                  2.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang unsur-unsur pajak, dan fungsi                                  pajak.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi jenis-jenis pajak.
                  2.      Menyebutkan undang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Bukti pembayaran pajak
§    Brosur-brosur tentang pajak
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang jenis-jenis pajak.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa.
                  4.      Masing-masing kelompok diminta untuk mengerjakan PR yang diberikan                                  oleh guru untuk mencari, mengumpulkan bukti pembayaran pajak,                                          kemudian mengidentifikasi termasuk ke dalam jenis pajak apa?
                  5.      Guru memberitahukan batas waktu pengumpulan tugas.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil pekerjaan rumah

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.                            
         B.     Indikator
                  1.      Memberi contoh pemungutan pajak dalam kehidupan sehari-hari.
                  2.      Mengidentifikasi sanksi-sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan                                        kewajibannya.
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru memberi contoh dan menjelaskan pemungutan pajak sehari-hari, dan                                sanksi-sanksi yang dikenakan kepada wajib pajak yang melalaikan                                       kewajibannya.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                       jawab.
                  4.      Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa.
                  5.      Masing-masing kelompok mengerjakan soal penghitungan pajak                                       yang diberikan guru.
                  6.      Setelah selesai, guru dan siswa membahas soal yang diberikan oleh guru.
                  7.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tugas siswa



                                                                                                        Bekasi, Januari 2011
                                 Mengetahui
                              Kepala Sekolah,                                                 Guru Bidang Studi




                   Ibnul Mubarok, S.S, M.M.Pd.                                      Arfah, SE








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar